Minggu, 13 Februari 2011

TUGAS 1


PENGARUH
PERDAGANGAN INTERNASIONAL
TERHADAP PEREKONOMIAN


PENDAHULUAN

            Perdagangan internasional yang terjadi di dunia saat ini bisa dibilang mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya arus peredaran jual – beli barang, jasa, tenaga kerja, hingga modal sekalipun dari satu negara ke negara lainnya. Kegiatan – kegiatan tersebut dapat terjadi pada kegiatan ekspor – impor, investasi, perdagangan jasa, lisensi dan waralaba, perbankan, asuransi dll. Proses liberalisasi dan globalisasi yang terjadi saat ini juga membawa pengaruh yang sangat besar terhadap pasar dunia. Indonesia sendiri yang menganut sistem perekonomian terbuka pun sangat sulit untuk mengelak dari dinamika pasar yang setiap saat nya mengalami perubahan sehingga berpengaruh terhadap pasar domestik Indonesia sendiri ditambah dengan adanya kebijakan unilateral dan ratifikasi perdagangan internasional yang harus dilakukan oleh Indonesia. Keikutsertaan Indonesia dalam perjanjian perdagangan internasional baik global maupun regional diharapkan mampu membawa dampak positif terhadap perekonomian Indonesia khususnya sektor usaha industri kecil dan menengah yang notabene dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.


ISI

Secara umum, perdagangan internasional didasarkan pada pemikiran bahwa setiap negara memiliki keunggulan komparatif (absolut dan relatif) dan daya saing yang berbeda. Negara melakukan ekspor terhadap barang yang memiliki keunggulan komparatif yang lebih tinggi dan mengimpor barang yang lebih rendah keunggulan komparatifnya daripada negara lain. Dengan demikian, efisiensi penggunaan sumberdaya (yang langka) meningkat untuk mencapai tingkat kesejahteraan dunia yang lebih baik. Menurut Teori komparatif yang diterapkan oleh David Ricardo, setiap negara akan memperoleh keuntungan jika ia menspesialisasikan pada produksi dan ekspor yang dapat diproduksinya pada biaya yang relatif lebih murah, dan mengimpor apa yang dapat diproduksinya pada biaya yang relatif lebih mahal. Motivasi utama melakukan kegiatan perdagangan internasional adalah meningkatkan angka surplus dan menekan angka biaya (cost).
Menurut Amir, M.S. seorang pengamat ekonomi, bila dilihat dari pelaksanaannya, perdagangan Internasional sangatlah rumit dan kompleks ketimbang perdagangan dalam negeri. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan internasional, misalnya dengan adanya perbedaan budaya, bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum perdagangan. Perkembangan spesialisasi berarti pula perkembangan perdagangan, karena tidak semua sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa diperoleh didalam negeri, perdagangan antar negara pun meningkat dengan cepat. Dengan demikian, perdagangan antar negara memungkinkan terjadinya :
1.    Tukar-menukar barang dan jasa,
2.    Pergerakan sumber daya melalui batas-batas negara,
3.    Pertukaran dan perluasan penggunaan teknologi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara-negara yang terlibat didalamnya.

Dalam kaitannya dengan kebijakan perdagangan luar negeri, negara-negara dapat dibagi menjadi empat kelompok:
1.    Strongly outward oriented, yaitu hambatan dalam perdagangan tidak ada atau sangat kecil dan nilai tukar efetif untuk barang ekspor maupun barang ekspor secara umum sama. Tingkat proteksi untuk barang impor diimbangi dengan insentif terhadap barang ekspor.
2.    Moderately outward oriented, yaitu hambatan dalam perdagangan dibatasi. Tingkat proteksi untuk barang impor lebih tinggi dibandingkan insentif yang diberikan untuk barang ekspor. Nilai tukar efektif lebih tinggi untuk barang impor dibandingkan untuk barang ekspor.
3.    Moderately inward oriented, yaitu hambatan perdagangan seperti import control dan lisensi cukup tinggi dan nilai tukar dibiarkan terlalu tinggi (overvalued).
4.    Strongly inward oriented, yaitu tingkat proteksi efektif untuk pasar dalam negeri sangat tinggi, insentif untuk ekspor tidak ada dan nilai tukar efektif dinilai sangat terlalu tinggi (very overvalued).


Perdagangan internasional juga memberikan dampak positif kepada suatu negara berupa:
Ø  Mempererat persahabatan antarbangsa
Ø  Menambah kemakmuran negara
Ø  Menambah kesempatan kerja
Ø  Mendorong kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Ø  Sumber pemasukan kas negara
Ø  Menciptakan efisiensi dan spesialisasi
Ø  Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara.
Namun, perdagangan internasional juga dapat memberikan dampak negatif terhadap perekonomian Indonesia, yaitu:
Ø  Adanya ketergantungan suatu negara terhadap negara lain.
Ø  Adanya persaingan yang tidak sehat dalam perdagangan internasional.
Ø  Banyak industri kecil yang kurang mampu bersaing menjadi gulung tikar.
Ø  Adanya pola konsumsi masyarakat yang meniru konsumsi negara yang lebih maju.
Ø  Terjadinya kekurangan tabungan masyarakat untuk investasi. Ini terjadi karena masyarakat menjadi konsumtif.
Ø  Timbulnya penjajahan ekonomi oleh negara yang lebih maju.



PENUTUP

Perdagangan internasional dianggap sebagai suatu akibat dari adanya interaksi antara pemintaan dan penawaran yang bersaing. Permintaan (demand) dan penawaran (supply) akan tampak dalam bentuknya yang sudah dikenal serta merupakan suatu interaksi dari kemungkinan produksi dan preferensi konsumen.
Terjadinya globalisasi dan liberalisasi pasar perdagangan internasional juga dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi jika kenaikan impor tidak dibarengi dengan kenaikan ekspor dengan pertumbuhan ekonomi yang seimbang. Pendapatan nasional yang defisit karena ketidakseimbangan ekspor – impor akan menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi.



SUMBER:






Minggu, 30 Januari 2011

SARINAH PERCANTIK DIRI VIA EKSPANSI



            Sekitar setengah abad lalu, Sarinah merupakan salah satu dari sekian proyek prestisius yang dikembangkan oleh Presiden pertama RI, Soekarno, bersama dengan pendirian stasiun radio dan televise nasional. Sempat dikecam sebagai proyek ‘pamer’, Bung Karno saat itu tetap bergeming melanjutkan pembangunan department store pertama, yang ditujukan untuk pusat promosi penjualan barang-barang produksi dalam negeri. Begitulah cerita awal pendirian PT Sarinah, perusahaan pelat merah yang akhirnya berkembang dengan core bussines tak hanya di sektor ritel, tapi juga perhotelan dan trading. Nama Sarinah sempat kesohor sebagai department store besar di jalan protocol MH Thamrin, Jakarta. Jika bicara department store, maka nama Sarinah yang pertama disebut.
            Belakangan, dengan makin berkembangnya industri ritel di dalam negeri, nama Sarinah pun tenggelam. Malah jika menyebut nama Sarinah, ia justru identik dengan sebuah restoran cepat saji asal Amerika. Baru – baru ini, sebuah rencana progresif muncul dari kantor pusat PT Sarinah, tepatnya dari lantai 10. “Sarinah telah menyusun roadmap pengembangan usaha untuk lima tahun ke depan sejak 2009,” ujar Jimmy M. Rifai Gani, sang Direktur Utama. Roadmap ini, kata Jimmy akan disusun untuk membawa Sarinah menjadi aset nasional yang dikenal di mata dunia dengan mengedepankan budaya Indonesia. Sarinah kelak akan menjadi “The Showcase of Indonesia”.
            Dari Road Map tersebut, Jimmy memaparkan sejumlah ekspansi yang akan menjadi loncatan buat Sarinah menjadi BUMN besar. Di sektor property, setelah memiliki 50% saham Hotel Sari Pan Pacific di Jl MH Thamrin, Jakarta, perusahaan menyasar lokasi lahan milik perseroan seluas 2.000m2 di Braga, Bandung, untuk mengembangkan hotel. Untuk pembangunan hotel yang membutuhkan dana antara Rp 60 miliar – 100 miliar ini, perusahaan siap menggandeng mitra strategis.
Masih di sektor property, Sarinah juga tengah menjajaki kerja sama dengan PT Pertamina untuk memanfaatkan sejumlah bangunan milik perusahaan minyak itu yang idle di sejumlah kota. Saat ini, kata Jimmy, sudah dibicarakan soal pemanfaatan dua property Pertamina di Bandung, Balikpapan, dan Yogyakarta. “Kita akan merubahnya dari office menjadi kawasan komersil, atau mungkin hotel,” kata Jimmy.
            Sementara itu di sektor ritel, Sarinah berencana memperkuat bisnis ritel di speciallity store, dan akan mengurangi department store. Jimmy mengakui Sarinah tak bisa bertempur melawan pemain ritel modern saat ini. Untuk itu, speciallity store dengan konten jualan berupa handy craft, makanan, dan batik akan menjadi kekuatan ritel Sarinah di masa depan .
            Untuk itu perusahaan ritel berencana membuka satu speciallity store dengan luas sekitar 500m2 di selatan Jakarta. Perusahaan juga berencana membuka sejumlah outlet di Bandara Soekarno – Hatta, lalu dua outlet di Bali yang salah satu di antaranya di Bandara Ngurah Rai. Outlet baru ini akan memperkuat dua outlet yang sudah ada di Semarang dan Batam. Sarinah Dept Store di Jl MH Thamrin pun akan ditata kembali. Sepertiga outlet eks Tony Jack akan diambil alih Sarinah untuk dijadikan outlet yang mengarah ke Jl MH Thamrin. “Selama ini kan kami tidak punya outlet yang mengarah ke jalan,” papar Jimmy.
            Di luar dua sektor bisnis tadi, Sarinah juga akan menyiapkan gebrakan besar di sektor trading. Jika selama ini 40% revenue dari sektor trading diperoleh dari importasi minumen alcohol (minol), ke depan Sarinah akan mengurangi porsi importansi minol menjadi 20%, hingga menjadi sekitar 12% - 15%. Penurunan ini sejalan dengan dibukanya keran importansi kepada pihak swasta, sehingga Sarinah kini bukan 100% lagi pemasok minol untuk domestik.
            Untuk menggantikan revenue yang hilang tadi, Sarinah akan aktif melakukan trading ekspor sejumlah komoditas, seperti karet dan CPO, serta coklat. Bahkan untuk komoditas coklat, perusahaan tengah mengkaji kemungkinan mengakuisisi sebuah pabrik coklat di Sulawesi Tenggara, untuk menopang rencana bisnisnya.
            Sebelumnya diberitakan bahwa Sarinah sudah menyiapkan Rp 60 miliar untuk itu membangun pabrik coklat. Awal Mei lalu, Sarinah juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan sejumlah petani di lima desa di Sulawesi Tenggara untuk mendapatkan pasokan biji kakao, yang sanggup menyediakan pasokan hingga 5.000 ton per tahun.
            Ketika dikonfirmasi kembali soal rencana akuisisi tadi, Jimmy mengutarakan bahwa pihaknya masih harus mengkaji kemampuan pabrik tersebut dalam membayar kewajiban yang saat ini masih mandek. Sarinah juga tengah menjajaki kemugkinan bank kreditor mau merenegosiasi pembayaran utang pabrik tersebut.
            “Masih butuh waktu kok. Tapi jika memang memadai kita akan masuk, jika tidak tentu akan kita tunda dulu,” papar Jimmy. Lagi pula, sebagai BUMN Sarinah juga tidak bisa grasa – grusu untuk akuisisi, “Kita kan juga harus izin dengan komisaris, jika izin didapat kita ajukan ke pemegang saham,” imbuhnya.
            Dari mana Sarinah akan membiayai sejumlah ekspansi tadi? Dituturkan Jimmy, sebagian akan didapat dari utang perbankan. Ia menyebut Bank Bukopin dan Bank Mandiri telah siap mengucurkan pinjaman, begitu juga dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor yang sudah komit untuk mendukung Sarinah terjun lebih dalam di bisnis kakao.
            Mengenai rencana ekspansi besar – besaran Sarinah, Menteri BUMN Mustafa Abubakar sempat menyatakan dukungannya. Ia juga mengharapka Sarinah lebih gencar mempromosikan produk – produk Indonesia sehingga Sarinah menjadi jendela promosi Indonesia.
            Ia menyebutkan, sejak manajemen baru Sarinah ditunjuk tahun lalu, telah terjadi peningkatan kinerja yang terlihat dari pendapatan pada kuartal pertama 2010 yang naik hingga 90% dibandingkan tahun sebelumnya.

Rabu, 29 Desember 2010

KIAT SUKSES BISNIS ONLINE


Mungkin anda sering mendengar atau bahkan sering mengunjungi situs ebay, situs jual beli yang terkenal dan laku dipergunakan oleh masyarakat di dunia. Pada umumnya kegiatan bisnis identik dilakukan di kehidupan nyata, namun terjadinya perkembangan teknologi saat ini, kegiatan bisnis tidak hanya dilakukan dalam kegiatan offline, namun bisa dilakukan dengan online. Apa itu bisnis online? Pertanyaan ini mungkin sering kita dengar dari orang – orang yang belum memahami apa itu bisnis online. Bisnis online adalah kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau bahkan perusahaan dengan cara online / internet. Kegiatan bisnis online pun kini memiliki prospek yang bisa dibilang sangat sukses dan luas, bagaimana tidak bisnis online juga memiliki keuntungan yang sangat besar yang tentu saja sangat diinginkan oleh seseorang atau perusahaan tertentu.
            Saat ini, di Indonesia seiring dengan banyaknya jumlah penduduk menjadikan Indonesia menjadi pangsa pasar yang cukup diperhitungkan di dunia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengunjung dari Indonesia untuk situs website yang sering dikunjungi, seperti Twitter, Facebook, Google, KasKus, eBay, Amazon,  dll.
            Adapun kegiatan bisnis online memiliki keuntungan yang sama dengan kegiatan bisnis yang umumnya dilakukan dalam keadaan offline. Berikut keuntungan yang diperoleh dari kegiatan bisnis, antara lain:
1.      Biaya operasional lebih hemat ketimbang bisnis offline
Ø  Bisnis online dapat dikerjakan dimanapun anda berada tanpa mengeluarkan biaya yang lebih seperti kegiatan bisnis offline.
2.      Jangkauan pasar yang sangat luas
Ø  Penggunaan fitur internet dapat membantu ekspansi pemasaran produk yang anda tawarkan kepada konsumen, sehingga anda dapat menjangkau daerah – daerah atau negara lain.
3.      Waktu kerja yang unlimited
Ø  Dalam kegiatan bisnis online, sistem lah yang bekerja untuk transaksi. Pengusaha hanya memberikan follow up yang diminta dari konsumen.
4.      Tidak memerlukan jumlah karyawan yang banyak

5.      Modal yang diperlukan tidak terlalu besar
Ø  Modal yang dibutuhkan hanya koneksi jaringan internet dan fasilitas komputer yang memadai.
Adapun kekurangan yang diperoleh ketika anda melakukan kegiatan bisnis online:
1.      Gangguan koneksi jaringan internet kadang membuat transaksi jual – beli menjadi terhambat
2.      Kesulitan membangun kepercayaan dengan costumer.
3.      Banyaknya pilihan yang ditawarkan dapat membingungkan konsumen.
Berikut ini adalah contoh bisnis online yang sedang berkembang saat ini mungkin bisa anda laksanakan, atau bahkan anda dapat membuat bisnis sendiri sesuai dengan inovasi yang anda miliki. Berikut contoh bisnis online:
-          Contoh Bisnis Online PTC
Ø  Maksudnya dari bisnis ini adalah kita mendaftar pada beberapa perusahaan yang menawarkan program PTC. Mereka akan membayar setiap kita mengeklik iklan dari pengiklan dan dibayar per klik sesuai namanya dan dibatasi jatah per harinya. Biasanya tipe perusahaan seperti ini hanya menawarkan sekitar 1 atau 2 cent per klik.
-          Contoh Bisnis Online Paid Surveys
Ø  Kita mendaftar pada beberapa perusahaan yang menawarkan program paid surveys. Mereka akan memberikan jatah survey pada member dan akan dibayar setiap kita menyelesaikan setiap survey tersebut dan dibatasi jatah survey per bulannya. Biasanya tipe perusahaan seperti ini menawarkan setiap survey yang telah dilengkapi akan dibayar sekitar 5-25 cent. Apabila anda menemukan tawaran-tawaran yang terlalu menggiurkan, seperti setiap surveynya akan dibayar 1 dollar atau bahkan 10 dollar, 100% situs tersebut adalah scam/penipu.
-          Contoh Bisnis Online Data Entri
Ø  Pada contoh bisnis ini, hukum bisnis yang diatas tidak berlaku. Maksudnya perusahaan tidak membatasi jatah data yang bisa dimasukkan oleh membernya. Akan tetapi, kita tidak bisa mendapatkan data tersebut begitu saja, karena ada proses marketing di contoh bisnis seperti ini. Jadi kita harus mencari data tersebut, seperti email pelanggan sendiri, lalu akan ada proses pemasukan data. Bayaran pada contoh bisnis ini lumayan bagus, bisa mencapai 5 dollar per data yang dimasukkan.
-          Contoh Bisnis Online Affiliate Marketing
Ø  Bisnis affiliate marketing adalah salah satu dari sekian banyak tipe bisnis di internet marketing. Kita bisa mendaftar pada perusahaan-perusahaan yang menawarkan program affiliasi. Bisnis ini tiap tahunnya meraup lebih dari 10 juta dollar. Jadi tipe bisnis ini sangat menguntungkan dan menggiurkan. Setelah kita mendaftar pada perusahaan tertentu lalu kita bisa menawarkan produknya dan akan ada pembagian keuntungan antar penjual dan pemilik produk. Di dunia affiliate marketing terdapat beberapa jaringan affiliate yang populer, seperti Clickbank, Commission Junction, Amazon, eBay dll. Begitu banyak produk yang bisa dipasarkan, mulai dari barang fisik hingga digital. Pada umumnya semua merchant besar selalu memberikan pembayaran dengan jadwal yang teratur.
Bisnis online kadang mempunyai resiko yang sama dengan bisnis offline. Resiko kegagalan kadang menjadi hal yang menakutkan bagi seseorang ketika pertama kali melaksanakan kegiatan usaha. Akan tetapi, janganlah risau untuk melaksanakan kegiatan bisnis dengan memperhatikan  atau bahkan mungkin melaksanakan kiat – kiat sukses yang sering diberikan oleh pakar bisnis ataupun pengusaha yang telah sukses terlebih dahulu. Berikut ini kiat sukses untuk meningkatkan kinerja bisnis online anda:
1.      Perlihatkan kepada calon customer bahwa anda begitu antusias terhadap produk dan bisnis anda. Jika anda antusias, maka mereka pun akan antusias, karena antusias itu bersifat menular.
2.      Akhiri E-mail penjualan anda dengan kata-kata close yang mantap.
Seperti bonus tambahan, harga diskon, pengingat praktis, dan deadline order
, dsb.
3.      Tenteramkan customer anda yang melakukan komplain. Berikan jaminan refund dari uang mereka, atau berikan mereka diskon, berikan mereka bonus, berikan mereka solusinya atas masalah tsb, dsb.
4.      Buat sedemikian rupa agar customer anda merasa tertarik terhadap bisnis anda, sehingga mereka akan menceritakan hal itu kepada rekan-rekan bisnis yang lain.
5.      Tumbuhkan keyakinan ekstra pada prospek anda sehingga mereka kelak akan membeli dari anda. Gunakan referensi yang baik dari orang-orang yang telah menjadi customer anda, sehingga mereka bisa melihat siapa saja yang telah menjadi customer anda, berikan juga jaminan atau garansi kepada mereka, dan sebagainya.
6.      Buat pada situs web anda opt-in list sehingga pengunjung situs anda dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan e-books, software, atau sesuatu yang gratis yang dapat ditukar dengan alamat e-mail mereka, karena secara psikologi mereka lebih suka mendapat sesuatu
yang bagus gratis walaupun mereka sanggup membelinya
.
7.      Jangan lupa prinsip aturan 80-20, artinya 80% dari isi situs anda harus berisi informasi atau hal-hal yang disukai secara umum bagi para pengunjung sedangkan sisanya 20 % atau kurang berisi profil perusahaan anda serta produk atau jasa yang anda pasarkan.
8.      Upayakan apabila customer anda membeli sesuatu dari anda, mereka mendapatkan sebagian atau sedikit dari apa yang mereka pesan hal itu bisa dalam bentuk sesuatu yang mereka bisa dapatkan secara online.
9.      Tulis sebuah artikel ke sebuah penerbit dari suatu newsletter online, Dan hendaklah hal itu dalam bentuk artikel yang bersifat informasi jangan bersifat iklan.
10.  Perlihatkan kepada prospek anda bahwa anda adalah seorang yang pakar di bidangnya, karena hal tsb dapat meyakinkan mereka. Anda dapat menerbitkan sebuah artikel, menulis sebuah ebook, dan sejenisnya.