Minggu, 05 Januari 2014

We Are INTEGRITY



Exercise!

1.        Adek Tari Suryani                      (29210100)
2.        Aulia Akbar                               (21210220)
3.        Bena Hardinata                          (21210374)
4.        Dimas Rahadian Putra                (22210043)
5.        Ranti Harisma Ela                       (25210650)

Team Name:                 INTEGRITY
è       The reason why we choose “Integrity” for our team is because as a student who learning about professional of accountant, we act consistently in accordance with the values and the policy of economics ethics rules in accounting although in limited circumstances. We are committed to ensuring that our actions do which in order to communicate ideas and purpose with openly, honestly, and directly to who has interested parties.

The rules what we apply is:
1.              Understand and recognize the behaviors what appropriate codes of ethics
·        Follow the Professional Accountant code of ethics.
·        Be honest in the use of and manage the resources in the environment.
·        Take the time to make sure that what it does not violate the code of ethics.
2.              Doing the actions that are consistent with the values ​​and beliefs.
·        Be honest in relating with the customers
·        Doing the actions that are consistent with the values ​​and beliefs.


Dialog percakapan tentang “Kode Etik Profesi Akuntansi”


Ranti   : Temen2 kita kan anak akuntansi udah semester 7 nih.

Adek   : iya nih ranti kita nggak terasa ya kita udah mau skripsi.

Bena   : mendingan kita bikin tim belajar kelompok, gimana…???

Dimas  : ahhh bena croottt…..!!!

Aulia   : boleh juga tuh, tapi apa ya nama kelompok kita biar eksis nanti…??

Bena   : gimana kalo sesuai dengan prinsip kode etik profesi, namanya    “IINTEGRITY” kan mantep tuhh.. yoiii….

Dimas : Oke juga tuh, emang apa tuh “INTEGRITY”…???

Bena   : Integrity tuh mas artinya “bertindak konsisten sesuai dengan nilai dan  kebijakan norma aturan etika” gitu mas huuuuuuu……

Ranti    : ehh temen2 gimana kalau kita bahas tentang “etika profesi” aja  yukk…

Adek    : boleh tuh ranti,,aku juga belum ngerti tentang etika profesi…

Bena   : okay kita mulai sekarang ya..  sebenernya apa sih “ETIKA” ….???

Aulia   : etika tuh menurut gw “ nilai mengenai benar atau salah yang di gunakan suatu kelompok mencakup masyarakat luas”… gitu temen2..

Adek   : terus kalo “Kode etik” apa artinya…???

Ranti   : kalo setau aku tuh “kode etik“ adalah pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku”…

Adek   : owhh gitu…

Dimas  : trus gw masih binggung nih apa sih “Perilaku Profesional” yang sebenarnya…???

Bena   : jadi mas begini  sesuai buku standar profesi akuntan publik “Prinsip perilaku profesional mewajibkan setiap praktisi untuk memetuhi setiap ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku” gimana manteb ngga tuhh.. hahhaaaa… :D

Adek   : emang “Prinsip-prinsip Etika ” apa aja…..??

Aulia   : okeh gw kalo itu mah tau tuh jadi ada banyak sebenarnya contoh nih : 1. Prinsip  Kerahasiaan 2. Prinsip Integritas 3. Prinsip Obyektivitas 4. Prinsip Idependensi dll. Dan masih banyak lagi tuh… yoi ngga gw.. :D

Ranti   : bukannya ada 8 yaaa…??

Dimas  : kemaren tuh gw baca di internet ada 8 juga sih… coba gw cek dulu deh…

Bena   : coba mana buktiin ….

Dimas  : ini nih “1. Tanggung Jawab Profesi 2. Kepentingan Publik 3. Integritas 4. Objektivitas 5. Kopetensi and kehati-hatian profesional 6. Kerahasiaan 7. Perilaku Profesional 8. Standar Teknis”.

Adek   : kalau yang 8 itu…itu termasuk prinsip-prinsip etika IFAC,AICPA,  sedangkan yang tadi aulia bilang itu termasuk prinsip dasar etika..

Bena   : wahh mantabbbbb…. :D hahaaa

Ranti   : wahhh ternyata kita kalo sering2 belajar kayak gini kita bisa kompeten nih dan insya Allah pada saat skripsi kita sudah siap lahir dan batin heheee….

Adek   : iya ranti bener apalagi kalo kita saling mengingatkan seperti disiplin ilmu Akuntansi yang lainya tambah mantab lagi tuhh…

Bena   : okey semoga kita semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat aminnn.. J



Kode etik profesi akuntan publik ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian A dan bagian B.

Bagian A = kode etik ini menetapkan prinsi-prinsip dasar etika profesi dan memberikan kerangka konseptual untuk menerapkan prinsip tersebut.

Bagian B = kode etik ini memberikan ilustrasi mengenai penerapan kerangka konseptual tersebut pada situasi tertentu.

1.      PRINSIP KERAHASIAAN

140.2
setiap praktisi harus menjaga prinsip kerahasiaan, termasuk dalam lingkungan sosialnya.

140.3
setiap praktisi harus menjaga kerahasiaan informasi yang diungkapkan oleh calon klien atau pemberi kerja.

140.4
setiap praktisi harus menerapkan semua prosedur yang dianggap perlu untuk memastikan terlaksananya prinsip kerahasiaan oleh mereka yang bekerja di bawah wewenangnya, serta pihak lain yang memeberikan saran dan bantuan profesinalnya.

2.      PERILAKU PROFESIONAL

150.1
Prinsip perilaku profesional mewajibkan setiap praktisi untuk memetuhi setiap ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku, serta menghindari setiap tindakan yang dapat mendiskreditkan profesi.

150.2
dalam memasarkan dan mempromosikan diri dan pekerjaanya, setiap praktisi tidak boleh merendahkan martabat profesi.

3.      PRINSIP INTEGRITAS

110.1
prinsip integritas mewajibkan setiap praktisi untuk tegas, jujur, dan adil dalam hubungan profesional dan hubungan bisnisnya.

110.2
praktisi tidak boleh terkait dengan laporan, komunikasi, atau informasi lainya yang diyakini.

4.      PRINSIP OBJEKTIVITAS

120.1
Prinsip objektivitasnya mengharuskan praktisi untuk tidak membiarkan subjektivitas, benturan kepentingan, atau pengeruh yang tidak layak dari pihak2 yang mempengaruhi pertimbangan profesional atau pertimbangan bisnisnya.











                

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar