Minggu, 13 Januari 2013

REPORTASE KANTIN HIDAYATULLAH



            Pada saat istirahat kerja atau jam makan siang semua orang ramai mengunjungi food court yang ada di sekitar areal perkantoran. Banyak mal yang terletak di Jakarta, namun bukan berarti mereka selalu ke tempat tersebut. Saat sudah bosan dengan cita rasa hidangan di food court tersebut, mereka pun beralih membanjiri warung-warung makan yang banyak didirikan di pinggiran atau di belakang gedung perkantoran. Jika anda berkantor di sekitar Sudirman / Semanggi, terdapat satu tempat yang boleh dikunjungi, namanya Kantin Hidayatullah. Kantin Hidayatullah ini terletak di belakang gedung Menara Standard Chartered dan gedung Sampoerna Strategic, yang bisa dilewati dari jalan Casablanca. Para penjaja makanan dan minuman disini awalnya adalah pedagang yang “mangkal” di pinggir jalan di depan Masjid Hidayatullah. Namun, karena dianggap mengganggu kenyamanan, pedagang-pedagang tersebut dipindahkan atau direlokasi dari areal tersebut.
            Setelah terkena penertiban tersebut, para pedagang tersebut memanfaatkan areal yang berada di belakang kedua gedung perkantoran tersebut. Para pedagang kini berjualan di Kantin Hidayatullah ini dan dikenakan biaya sewa per bulan. Setelah menjadi kantin, para pekerja kantoran justru merasa senang, kini mereka tidak lagi makan dengan suasana polusi yang bercampur. Areal kantin pun sangat luas sehingga dapat menampung banyak pedagang-pedagang makanan maupun minuman. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan pun beragam, sebut saja ayam bakar, nasi padang, sop iga, gulai, sate padang, siomay, soto mie, gorengan, rujak buah, aneka juice, sop buah, dan aneka es. Meski ramai, kebersihan kantin ini bisa dibilang baik. Tak ayal, para pekerja kantoran sering bersantai sejenak sebelum memulai aktivitas perkantoran kembali. Kantin ini biasanya buka dari pukul 07.00 - 17.00, dan kantin ini selalu ramai pada pukul 12.30 – 14.00.
            Para pekerja kantoran pun memberikan tanggapan positif. Mereka menganggap keberadaan kantin ini memudahkan mereka untuk istirahat makan siang dan tidak perlu bersusah payah pergi ke food court mall yang ada di sekitar. Lagipula, menu yang ditawarkan sangat variasi dan harganya pun terjangkau. Tempat yang bersih dan nyaman pun bisa disamakan dengan food court mall. Yang membedakan hanya suasana nya saja.

Foto-foto Kantin Hidayatullah:
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar